Pulau Samalona, Destinasi Wisata Pulau di Makassar

ADVERTISEMENTS

Pulau Samalona terletak di sebelah barat Kota Makassar dan merupakan salah satu jalur kapal yang menghubungkan Makassar dengan dunia luar. Luas pulau ini hanya sekitar 2 hektar dan telah mengalami erosi secara terus menerus dari tahun ke tahun.

Walau begitu, pulau ini adalah salah satu wisata pulau primadona masyarakat lokal dan wisatawan karena keindahan pasir putihnya, keberagaman ikan, dan kehidupan bawah laut yang memukau. Pun begitu dengan kami yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk berlibur ke pulau ini.

Pulau Samalona Makassar

ADVERTISEMENTS

Rencana liburan ke Pulau Samalona

Rencana liburan dengan wisata ke pulau ini sebenarnya sudah kami rencanakan cukup lama, sebagai liburan untuk menikmati keindahan pulau dan melupakan kepenatan tugas-tugas kuliah.

Baca juga: 10 hal yang bisa kamu lakukan ketika liburan di Makassar

Di pelabuhan Bankoang menuju Samalona
Teman jalan.

Saya sendiri — Akbar Kadabra — beserta Kak Rhey, Kak Iqbal, Hikma, Wahyu, Vira, dan Andri kemudian bertemu di pelabuhan Bankoang jam 7 pagi. Namun, seperti halnya di Indonesia, waktu fleksibel, salah satu teman kami masih dalam perjalanan.

Meskipun sedikit kesal, kami tetap menjaga semangat persaudaraan dan kebersamaan.

Pukul 8 pagi waktu Indonesia Makassar, kami naik kapal kecil bernama ‘katinting’ yang mengarungi ombak laut selama 45 menit hingga akhirnya melihat Pulau Samalona.

Alhamdulillah…

Wisata Pulau Samalona Makassar
Tiba di Pulau Samalona

Liburan ke Pulau Samalona awalnya bertujuan untuk melupakan tugas kuliah. Jadi, tidak ada kata-kata terkait dengan kampus di sini. Kami hanya ingin bersenang-senang, itu saja.

Setelah tiba di Pulau Samalona, kami mencari tempat yang cukup untuk menampung kami semua. Akhirnya, kami memilih tinggal di bawah kolong rumah dengan biaya yang terjangkau. Tanpa banyak berpikir, kami segera mengganti pakaian dan melompat ke pantai yang biru dengan pasir putih yang indah serta pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Perjalanan kami ke Pulau Samalona bukan hanya sekadar liburan, tetapi juga kesempatan untuk menjelajahi kehidupan bawah laut yang kaya. Kami melakukan snorkeling dan menyaksikan keindahan terumbu karang yang masih lestari, serta berenang di antara ikan-ikan yang berwarna-warni. Airnya yang jernih memungkinkan kami melihat keragaman hayati bawah laut dengan jelas. Pengalaman ini memang memberikan kegembiraan yang luar biasa bagi kami yang menyukai petualangan dan keindahan alam.

Snorkeling
Snorkeling

Selama di pulau kami juga menjelajahi sekitar pulau dengan perahu dayung tradisional. Kami menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan, melihat batu karang yang eksotis, dan menikmati keindahan alam yang menyegarkan mata dan jiwa. Pulau ini benar-benar memberikan kebebasan dan ketenangan bagi kami yang ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Liburan kami di Pulau Samalona adalah momen yang tak terlupakan. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, kami juga membangun kenangan persahabatan yang kuat dan saling mendukung satu sama lain. Kami menyadari pentingnya meluangkan waktu untuk bersantai dan menikmati kehidupan di luar tugas-tugas yang menumpuk.

Liburan bareng teman kuliah

Jadi, kalau kamu lagi mencari liburan yang menyenangkan di Makassar, Pulau Samalona bisa pilihan yang sempurna. Nikmati keindahan alamnya, menikmati pantai berpasir putih, dan menjelajahi kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Jangan lewatkan kesempatan untuk melarikan diri sejenak dan merasakan kegembiraan yang hanya dapat ditemukan di Pulau Samalona.

***

Note:
Catatan perjalanan liburan ke Pulau Samalona ini saya lakukan medio tahun 201o yang lalu. Beberapa informasi dan harga yang tertera adalah saat perjalanan, dan mungkin sudah tidak relevan lagi saat ini. Dimohon kebijakan dari pembaca dan saya berharap semoga catatan perjalanan ini memberi inspirasi. Terima kasih.

Scroll to Top