Sop Saudara Asli Pangkep, Wisata Kuliner di Makassar

Sop Saudara kuliner khas Makassar

Berkunjung ke suatu tempat tanpa mencoba aneka kulinernya itu rasanya kurang lengkap. Begitu pula saat kamu liburan di Makassar. Apalagi kota Makassar dikenal sebagai kota sejuta kuliner. Ada banyak kuliner Makssar yang harus kamu cicipi. Salah satunya yang akan saya bahas adalah Sop Saudara.

Sop Saudara sebenarnya kuliner khas Pangkep, karena memang berasal dari Kabupaten Pangkep, sekitar 60 km dari Kota Makassar. Merupakan hidangan berkuah dengan daging sapi, bihun dan perkedel kentang, yang dihidangkan dengan sepiring nasi.

Di tempat asalnya, Pangkep, kita akan sering menjumpai warung-warung yang menyediakan sop di pinggir jalan. Umumnya disajikan berbarengan dengan ikan bolu bakar. Ikan Bolu ini adalah ikan bandeng. Pangkep memang dikenal sebagai kota ikan Bolu.

SOP Saudara singkatan dari Saya Orang Pangkep Saudara!!!

Dengan semakin dikenalnya kuliner khas daerah Pangkep ini, maka di kota Makassar pun semakin banyak ditemukan warung yang menyajikan Sop Saudara. Ada yang menghidangkannya dengan menu ikan Bolu bakar, ada pula yang tidak.

Karena saat ini Sop Saudara masuk menjadi salah satu daftar kuliner yang harus dicoba di Kota Makassar, makanya dari itu saya mau merekomendasikan 2 tempat yang pernah saya datangi.

Sop Saudara Jalan Irian

Tak sulit untuk menemukan warungnya karena berada di pinggir jalan dekat dari Pasar Sentral Makassar, selain itu juga dekat dari Lapangan Karebosi Makassar.

Saat berkunjung kesana, saya memesan satu paket Sop Saudara + Nasi dan minuman. Dengan perasaan jeruk nipis, sedikit kecap, dan saos, plus ditambah lagi dengan telur itik rebus. Rasanya, jangan ditanya, maknyooooos! Enak banget!

Cita rasanya jangan ditanya lagi. Nikmat sekali! Bumbu rempah-rempah begitu terasa yang membuat saya semakin lahap menyantap. Selain itu, terdapat menu lain yang bisa kamu coba sebagai tambahan, seperti Konro, kikil, paru dan lidah. Semuanya memiliki cita rasa sendiri.

Oiya, Jalan Irian saat ini sudah berganti nama dengan jalan Dr. Wahidin S. Husodo tapi yang paling dikenal masih Jalan Irian. Namun, kalau takut tersesat silahkan bertanya di tukang becak yang berjejer rapi di depan Karebosi Link dengan senang hati anda akan diantar.

Sop Saudara kuliner khas Makassar
Sop Saudara Jalan Irian
Paket Sop Saudara Pangkep
Maknyooos!
Menu Konro Makassar
Menu Konro Makassar

 

Sop Saudara Warung Pangkep Hj. Anny

Sepiring nasi, semangkok sop saudara, sepotong ikan bakar dengan bumbu cabenya, irisan tomat dan sepiring sambel kacang lengkap dengan daun kemangi dan irisan timun. Sungguh perpaduan yang sempurna.

Paket Menu Sop Sodara

Saya sangat menikmati sop saudara dan ikan bakarnya, bumbu cabe dan sambel kacangnya menjadi komposisi yang saling melengkapi. Ikan bakarnya nikmat banget ketika dicocol di sambel kacang yang sudah dicampur dengan daun kemangi, aromanya begitu terasa dengan bumbu cabenya. Sesekali irisan timun dan tomat menjadi penawar ketika saya sudah mulai kepedasan.

Sop Saudara Pangkep Hj Anny

Ikan Bandeng Bakar
Ikan Bandeng Bakar dengan Bumbu Cabe

Setelah semuanya terlahap abis tanpa tersisa dan jus jeruk menjadi minuman penutup malam itu.

Lokasinya di Jalan Perintis Kemerdekaan tepat di samping STIMIK AKBA, plang nama warungnya terpampang jelas di pinggir jalan sebelah kiri arah ke Kota Makassar.

***

Kuliner khas Makassar lainnya:

Buat kamu yang senang wisata kuliner, masih ada begitu banyak kuliner khas Makassar lainnya yang bisa kamu coba saat liburan di Makassar. Berikut beberapa diantaranya sebagai rekomendasi:

Coto Makassar

  • Coto Nusantara di Jl. Nusantara
  • Coto Gagak di Jl Gagak
  • Coto Maros di Jl. Urip Sumoharjo (dekat pool bus LIMUN)
  • Coto Paraikatte di Jl. Pettarani dan Jl. Perintis

Pallubasa

  • Pallubasa Serigala di Jl. Serigala

Mie Titi

  • Mie Titi Jalan irian di Jl. irian, Jl.Perintis, Jl. Boulevard dan BTP
Written by
Muhammad Akbar