Panduan Liburan ke Tanjung Bira Bulukumba (Backpacking)

Tanjung Bira Terletak di Kabupaten Bulukumba. Jarak dari Makassar sekitar 200 km atau berada di paling ujung selatan daratan Sulawesi Selatan. Tanjung Bira dikenal dengan pasir putihnya yang seperti tepung bedak.

Tak hanya itu, keindahan bawah laut juga boleh diadu. Pemandangan dikala senja pun tak kalah indahnya. Gradasi warna langit dan cahaya redup matahari terbenam membuat penikmatnya terbuai oleh keindahannya.

Gradasi pantai Tanjung Bira

Sunset di Bulukumba
Sunset di Bulukumba

Destinasi Wisata di Tanjung Bira

  1. Pantai Tanjung Bira

    Tentu ini merupakan tujuan wisata paling utama. Menikmati indahnya gradasi air laut yang tersusun dari 3 warna disebabkan tingkat kedalaman lautnya. Selain itu, kamu juga bisa bermain dengan lembutnya pasir pantai yang seperti bedak.

    Tanjung Bira Bulukumba
    Pantai Tanjung Bira
  2. Pantai Bara

    Pantai ini agak tersembunyi tapi bisa dilihat dari kejauhan di Tanjung Bira. Pantainya bersih karena beberapa dari area tersebut dikelola pihak asing. Tempatnya juga tidak seramai Tanjung Bira, jadi anda yang butuh ketenangan silahkan mengunjungi tempat ini.

  3. Pulau Kambing dan Pulau Liukang

    Kedua pulau ini sering dikunjungi beberapa pengunjung untuk melakukan snorkeling dan diving. Ada beberapa penginapan juga tersedia di Pulau Liukang, anda akan merasa berada di pulau sendiri.

    Untuk menuju Pulau Kambing dan Pulau Liukang anda harus menyewa perahu. Tarif perahu berkisar 250K — 300K (Coba kontak Ardi, Salamatta : 0812 5817 0610)

  4. Tanah Beru

    Merupakan kampung pengrajin perahu phinisi. Di tempat ini kita bisa melihat kepiwaian pengrajinnya membuat perahu phinisi yang terkenal itu. Mereka membangun kapal Phinisi tanpa menggunakan panduan gambar hanya mengandalkan pengalaman yang didapat dari nenek moyang terdahulu. Bulukumba dikenal sebagai Butta Panrita Lopi yang artinya bumi atau tanah para ahli pembuat phinisi.

  5. Apparalang

    Jaraknya cukup dekat dengan Tanjung Bira. Kamu bisa mengunjungi Pantai Apparalang dengan menyewa motor melihat keindahan tebing-tebing di Pantai Apparalang.

    Baca ceritanya disini: Jalan-jalan ke Pantai Apparalang Bulukumba

    Pantai Apparalang Bulukumba

  6. Tanah Kajang

    Selain wisata pantai anda juga bisa mengunjungi Tanah Toa Kajang, masyarakat yang masih memegang teguh kearifan lokal dan jauh dari kehidupan modern. Pakaian serba hitam tanpa alas kaki dan tinggal di dalam hutan.

    Tidak jauh dari Tanah Kajang, anda bisa berziarah ke makam penyebar agama islam pertama di Sulawesi Selatan Dato ri Tiro.

Transportasi dari Makassar ke Tanjung Bira

Cara mudah untuk transportasi dari Makassar ke Tanjung Bira, tentu tinggal menyewa rental mobil saja, apalagi bila datang rombongan. Rental mobil bisa didapatkan saat di bandara atau di Kota Makassar. Terlebih sudah banyak sekali paket-paket wisata ke Tanjung Bira dari Makassar. Namun, kalau sendiri, atau backpacking tentu harganya jadi lebih mahal.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan jalur angkutan umum. Berikut panduannya:

  1. Dari bandara, kamu bisa naik Damri menuju arah Kota Makassar. Kemudian turun di Lapangan Karebosi.
  2. Selanjutnya naik angkot (pete-pete) berwarna merah yang menuju arah ke Gowa. Turunlah di Terminal Malengkeri.
  3. Dari Terminal Malengkeri, kamu bisa memilih mau naik mobil Kijang/Panther (jadi transportasi umum), atau memilih naik bus tujuan Selayar. Kalau naik bus nanti turunnya di Pelabuhan Tanjung Bira. Namun saya tak menyarankan menggunakan bus, karena rata-rata bus berangkat malam.
    • Tarif naik Bus AC Rp 75.000,-/orang
    • Kijang/Panther sekitar Rp 50.000, — Rp 65.000,-

    Sebelum naik Kijang/Panther tersebut, pastikan ke supirnya nanti mengantar kamu sampai di Tanjung bira. Karena ada beberapa mobil yang hanya sampai di terminal Bulukumba saja.

Saran saya, pilihlah jam keberangkatan pagi, agar bisa tiba di Tg. Bira sebelum sore menjelang. Karena lama perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira biasanya 5-6 jam perjalanan normal.

Penginapan

Berikut beberapa rekomendasi penginapan di Tanjung Bira:

  • Sunshine Guest House ( 082 190 931 175 )
  • Bira View inn ( 081 343 837 455 )
  • Wisma Sipakatau ( 081 342 707 547 )
  • Pondok Wisata Tg. Bira (082 394 576 618)
  • Villa Asri ( 081 348 071 789 / 085 298 043 208 )
  • Penginapan “Pasir Putih Bira” ( 081 142 010 28 / 085 394 139 293 )
  • Wisma Wiryawan ( 081 242 598 085 / 085 243 368 108 )
  • Wisma Nur Husada ( 081 242 916 51 )

Penginapan di Tanjung Bira Bulukumba

Note:
Tarif penginapan berkisar 100K — 300K tergantung dari fasilitas dan lokasi.

Kuliner di Bulukumba

Sebenarnya kuliner di Bulukumba tidak jauh beda dengan kuliner Bugis dan Makassar. Anda bisa menikmati menu seafood yang tersaji di beberapa warung makan di Tg. Bira. Jagung Marning, Kuliner khas Bulukumba bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain itu, saat perjalanan antara Makassar—Toraja, kamu bisa singgah di Jeneponto untuk menikmati Coto Kuda atau Konro Kuda.

***

Note:
Saya mengunjungi Tg. Bira sekitar tahun 2013, jadi sebagian besar data-data diatas masih belum update. Bagi teman-teman bisa membantu saya untuk memberitahu di kolom komentar semisal ada update terbaru, sehingga artikel ini masih relevan dan bermanfaat saat ini. Thank you!

Written by
Muhammad Akbar
Join the discussion

30 comments