Jalan-jalan di Jakarta, yuk!

Jalan-jalan di Jakarta
Jakarta, kota metropolitan dengan segala aktifitas yang tiada henti. Kota yang menjanjikan harapan, namun terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi para perantau, alhasil Jakarta semakin ramai, semakin sesak dan semakin riuh. Namun dibalik semua itu, Jakarta selalu punya cerita, yang tidak pernah habis untuk diceritakan. 
Lupakan sejenak permasalahan Jakarta, mari kita bertamasya. Tidak melulu harus ke Bogor atau ke Bandung. Dua tempat yang selalu menjadi pilihan tempat berwisata orang Jakarta. Kenapa harus keluar kota, kalau Jakarta punya destinasi yang jauh lebih asyik untuk ditelusuri.  
 
Jakarta memang bukan kota tujuan wisata, tapi bisa dibilang semuanya ada disini dengan pesonanya sendiri. Jakarta menyimpan keindahan yang kadang membuat orang tidak sadar. Apa yang kamu cari semuanya ada, ingin menikmati sunrise cukup membuka jendela (apartemen lantai atas), ingin menikmati indahnya pantai cukup menyebrang ke pulau-pulau yang ada di Kepulauan seribu, ingin menikmati sajian kuliner nusantara cukup datang ke kawasan Kelapa gading dan jalan Sabang, Ingin melihat aneka macam binatang maka datanglah ke Taman Margasatwa Ragunan, ingin menikmati indahnya sunset dan kelap kelip kota Jakarta datanglah ke cafe roof top Jakarta. Apalagi wisata sejarahnya, Jakarta bisa menjadi pilihan destinasi paling lengkap untuk dijelajahi.
Keliling kota Jakarta di hari libur sangat  mengasyikkan untuk dijelajahi, jika punya waktu sehari pun bisa mengunjungi beberapa tempat. Mari berpetualang…
 
Monumen Nasional Jakarta
Memulai petualangan di acara car free day, menikmati sejuknya udara pagi kota jakarta tanpa polusi kendaraan, maka datanglah ke kawasan Monas hingga Senayan. Sepanjang jalan Tamrin – Sudirman ditutup setiap hari minggu, mulai pagi hari hingga pukul 11 siang. Kapan lagi bisa merasakan Jakarta dengan kebebasan seperti ini, ada banyak yang bisa kamu lakukan mulai dari berolahraga, menonton beberapa pertunjukan yang ditampilkan oleh beberapa komunitas. Selain itu, di kawasan Monas terdapat beberapa penjual kaki lima yang menjajakan aneka kuliner dan cindera mata. Sempatkanlah juga naik ke atas puncak Monas, dengan membayar 3500 kamu sudah bisa menikmati 360 derajat kota jakarta dari ketinggian
 
Pemandangan kota Jakarta dari Puncak Monas
Kawasan Kota Tua
Selanjutnya mari melanjutkan petualangan menuju Kota Tua, dari Monas cukup naik Transjakarta menuju halte Kota Tua. Tiba di Kawasan Kota Tua, pengunjung akan terasa kembali ke zaman tempo dulu, gedung-gedung tua menjadi ciri khasnya. Ada banyak museum disini, tapi saya lebih merekomendasikan Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahillah, dua museum yang cukup mewakili. Tak hanya itu disini kamu bisa menyewa sepeda untuk keliling kawasan kota Tua. Jangan lupa berfoto dengan manusia patung di depan Museum Fatahillah. 
 

 

 
Es Krim Italia Ragusa
Matahari jakarta sudah mulai meninggi, panas jakarta mulai tak tertahankan. Mari menuju stasiun kota, lalu naik commuter line menuju stasiun Juanda. Tidak jauh dari stasiun Juanda, mari menuju Ragusa Es Italia, toko yang menjual es krim dari italia yang sudah melegenda sejak 1932. Panasnya kota Jakarta akan langsung hilang setelah menikmati es krim yang rasanya tiada duanya. Es krim tanpa pengawet yang begitu lembut. saya baru saja mengunjunginya minggu kemarin, rasanya memang juara.
Banana Split Es Krim
Bakmi Gang Kelinci 
Puas menikmati es krim, tapi belum cukup kenyang maka destinasi selanjutnya adalah  Bakmi Gang Kelinci, Warung Bakmi yang cukup terkenal. Lokasinya di Gang Kelinci kawasan Pasar Baru, cukup berjalan kaki dari Ragusa Es Krim. Pilihan semangkok bakmi akan membuat perut keroncongan menjadi kenyang. Bakmi Gang Kelinci memiliki cabang dimana-mana, tapi menikmati langsung dari asalnya bukankah menjadi liburan yang menyenangkan.
 
Taman Margasatwa Ragunan
Selanjutnya mari melanjutkan petualangan menuju Ragunan, berhubung lokasinya agak jauh mari kita naik Gojek, transportasi ngehits di Jakarta. Ragunan ini lokasinya di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi hewan mulai dari binatang yang kecil hingga yang besar. Kalau di ragunan saya paling suka kawasan pusat primata schumutzer karena disini saya bisa membedakan gorilla dan sejenisnya
 
Bisa Bedakan??
Sky Dinning Plaza Semanggi
Sore pun tiba, petualangan belum berakhir. destinasi selanjutnya Sky Dinning, tempat dimana bisa menyaksikan sunset kota Jakarta. Lokasinya berada di lantai 10 plaza semanggi. Saya paling suka menunggu matahari terbenam disini, tempatnya strategis dimana bisa melihat senja dari ketinggian sambil menunggu malam tiba yang juga tidak kalah indahnya. Gedung-gedung disekitarnya akan menjadi pemandangan yang membuat saya tak ingin beranjak. 

Matahari terbenam, malam pun tiba. Petualangan keliling Jakarta berakhir disini. Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa ditelusuri namun waktu sehari tidak akan pernah cukup untuk menjelajahinya.
 
 
Written by
Muhammad Akbar