Menyusuri Sungai Dalam Gua, Cavetubing Kalisuci Jogjakarta

Kalisuci adalah destinasi dadakan saya di Jogja. Setelah pulang dari Candi Borobudur terlintas di pikiran untuk mencari tempat yang adem dan bisa main air. Hawa panas yang membuat saya gerah dan keringatan selama di Candi Borobudur. Setelah googling, saya menemukan web yang merekomendasikan 7 tempat yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Jogja, dan Cavetubing Kalisuci termasuk di tujuh tempat yang tadi disebutkan. Semua informasi saya cari secara detail dan ternyata lokasinya berada di kawasan Gunung Kidul. Menurut info yang saya dapatkan bahwa perjalanan Jogja – Gunung Kidul ditempuh sekitar 1 jam, dan parahnya angkutan umum agak susah. 
Oiya, kalian tau gak CaveTubing? Jika diartikan dari namanya, Cave artinya goa dan tubing dari kata tube yang artinya pipa, dan pipa bentuknya bundar. Penjelasan yang terlalu panjang, intinya begini CaveTubing itu menyusuri goa dengan menggunakan ban atau biasa disebut bodyrafting. Masih belum tau?? sabar yah..saya juga sedang mikir bagaimana cara jelaskannya. Untuk yang sudah mengerti harap diam saja dan yang belum mengerti harap di mengerti saja. Bingung yah.. saya juga bingung. Jika masih belum mengerti klik disini
Daripada bahas yang tidak jelas, mari kembali ke cerita awal. Informasi sudah lengkap dan saya sudah deal dengan sopir mobil rental. Masalahnya personil masih kurang, sebenarnya ide dadakan ini dibantu juga oleh Guna, teman kerja saya yang punya hobby ngebolang juga. 
Hati saya sedikit gelisah, bukan karena saya diputusin pacar tapi jadwal yang tadinya kami harus tiba di Jogja pukul 13.00 malah molor,  alhasil sopir yang sudah deal  mempertanyakan keseriusan saya rental mobilnya. Saya berusaha menjelaskan kalau perjalanan Magelang – Jogja macet. Sepanjang jalan saya berdoa agar bus yang saya tumpangi cepat tiba di Jogja. Masalah lain yang muncul, personil yang mau joint masih kurang. Saya melancarkan aksi dengan mendatangi setiap teman,  siapa yang mau ikut ke CaveTubing.

” Apa itu, Dimana itu, Kapan Berangkat, Berapa di bayar ?” hampir semua orang responnya seperti ini.

” Nda bisaka, ada jadwalku ? “ sebagian juga menjawab seperti ini
Bukan akbar namanya jika proyek ini harus gagal, dengan ide cemerlang saya mencari di youtube video tentang Cavetubing Kalisuci. Semua pertanyaan yang muncul hanya saya jawab dengan memperlihatkan videonya, setelah lihat videonya cukup jawab mau ikut atau tidak. Alhamdulillah, ide ini berjalan sukses dan terpilihlah delapan orang. Siapa saja mereka? Ada Udin, Paris, Edi, Yadi, Erick, Apal dan kami berdua.
Setelah tiba di Jogja pukul 14.30 dan check-in di Hotal Grand Zuri Malioboro.

” Teman-teman  jangan lama yah, cukup simpan barang saja di kamar kemudian turun ” Pintaku 
Mobil yang akan mengantar kami sudah menunggu di area parkiran hote tapi beberapa dari teman ternyata sedikit terlambat dan membuat saya tak sabaran. Mungkin mereka sedang asyik menikmati kamarnya. Siapa sih tidak ingin berlama-lama dikamar, tadi saja saya setelah check-in dan diberikan kunci oleh salah satu resepsionisnya yang cantik. Ketika pintu terbuka, aura kenyamanan di dalam kamar begitu nyaman. Hasrat hati untuk istirahat saya urungkan karena sudah buat janji untuk tidak berlama-lama dikamar.
Kamar Lantai 6
Setelah terkumpul, kami pun meninggalkan hotel menuju Kalisuci yang terletak di kawasan Gunung Kidul. sebelum tiba terlebih dahulu kami singgah di Indomaret membeli minuman dan beberapa cemilan. Perjalanan kemudian dilanjutkan, kondisi jalan yang menanjak karena memang lokasinya berada lebih tinggi daripada kota Jogja. Tak lama berselang kami sudah tiba di lokasi CaveTubing Kalisuci. 
Kedatangan kami sebenarnya sedikit terlambat dan bukan waktu yang tepat menjelajahi Kalisuci di saat hari sudah sore. Cahaya matahari di kala sore mulai redup sehingga pancaran matahari yang menembus gua kurang. Saya pun menghadap di bagian penerimaan dan melaporkan jumlah personil. Terlihat beberapa orang sudah selesai dan beres-beres mau pulang sedangkan kami baru saja datang. Instruktur pun menyanyankan kedatangan kami yang terlambat tapi kami sudah siap terimo resiko itu.

Sebelum turun terlebih dahulu kami harus memakai alat pelindung seperti helm, life jacket dan pelindung lutut dan siku. Kemudian turun berjalan menuju hulu sungai dengan membawa ban masing-masing. Perjalanan turun dengan langkah yang cepat takut hari semakin gelap. Tak lama berjalan kami sudah berada di hulu gua, terlihat air yang jernih dan pemandangan sekeliling goa yang ditumbuhi pohon-pohon yang menghijau seakan membawa saya berada disuatu tempat yang sangat indah. Tempat ini sangan tentram dan damai. Semoga saja tempat ini akan terus seperti ini walaupun pengunjung semakin hari akan bertambah tapi kesadaran kita menjaga alam tetap ada. Sebagai pengunjung kita harus menjaga ekosistem alam.

Sebenarnya saya urungkan niat untuk menulis pengalaman berkunjung saya ini, mungkin masih jelas ingatan kita tentang goa pindul. Beberapa bulan yang lalu tepatnya di Gua pindul yang masih satu kawasan dengan Gua Kalisuci dimana terlihat pengunjung yang membludak dan katanya Gua pindul rusak dan kotor. Banyak pendapat pun muncul dan saling menyalahkan, Bahkan ada yang menyalahkan para travel blogger yang selalu menulis terlalu menonjolkan sisi keindahan jadi orang yang membacanya tertarik untuk mendatanginya. Saya tidak ingin berkomentar lebih siapa yang harus disalahkan, intinya kembali kepada diri kita sendiri bagaimana mencintai alam dan tidak mengotorinya.
Personil sudah siap beraksi
Melingkar Membentuk Formasi
Ada tiga orang sebagai instruktur yang mendampingi kami selama menyusuri sungai dalam Gua Kalisuci. Ketika kami berada di dalam gua para instruktur menjelaskan secara detail tentang Gua Kalisuci baik dari sejarahnya dan bagaimana cara menjaga agar ekosistem tetap terjaga. Menyusuri sungai dengan ban dalam formasi beriringan selama 2 jam membuat waktu tak terasa hingga kami sudah tiba di penghujung sungai.

Untuk lebih detail seperti apa perjalanan kami selama menyusuri keindahan goa Kalisuci, sebuah video amatiran yang sempat kami rekam.

CAVETUBING KALISUCI
Menjelajahi eksotisme gua-gua karst tak pernah semudah
 di cave tubing kalisuci. Datang dan rasakan sensasinya
Alamat :  Pacarejo, Semanu Jogja.
Cp:  087738794513,  08174122826, 087839740730
Pin BB 25C17D57
Email : cavetubingkalisuci@yahoo.co.id
Web : http://kalisucicavetubing.blogspot.com
FB : Kalisuci Cave Tubing
Twitter : @KalisuciCaveTub
Written by
Muhammad Akbar