Aneka Kuliner Favorit Selama di Cepu

Ini adalah sebuah catatan singkat tentang kuliner Cepu yang menjadi favorit saya selama di Kota Cepu, di Jawa Tengah. Ya, saya berada di kota ini selama kurang lebih enam bulan untuk menjalani proses pendidikan dari tempat saya bekerja.

Jadi, mumpung sudah cukup lama di sini, ada beberapa kuliner yang kerap saya kunjungi.

Cepu merupakan sebuah kota kecil, salah satu kecamatan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Cepu juga merupakan gerbang terakhir Jawa Tengah sebelum masuk Jawa Timur dimana hanya dibatasi oleh sungai Bengawan Solo. Selain itu Cepu juga dikenal sebagai kota minyak karena terdapat banyak sumur minyak.

Selama dua tahun di pulau jawa, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, saya menghabiskan waktu sekitar enam bulan di kota Cepu untuk mengenyam pendidikan di Pusdiklat Migas Cepu. Salah satu instansi pelatihan dan pendidikan minyak dan gas dibawah naugan Kementrian ESDM.

Kota ini sudah  banyak melahirkan para pekerja kilang yang sudah tersebar di seluruh perusahaan Migas yang ada di Indonesia maupun yang ada di dunia, semuanya berawal dari dari sini. Tak hanya itu di Cepu juga terdapat AKAMIGAS STEM, perguruan tinggi kedinasan kementerian ESDM.

Selama di Cepu saya tinggal di Widya Patra 3, gedung tiga lantai milik Pusdiklat Migas yang diperuntukkan untuk para pelajar dengan suasana seperti asrama atau mess. Hidup disini serba terjamin dari transport, laundry dan makan.

Khusus untuk masalah makanan, inilah yang menjadi kendala saya selama di Cepu. Beberapa menu yang disajikan oleh instansi tidak sesuai dengan saya. Solusinya, tentu saja mencari jajanan di luar.

Ada beberapa warung makan yang sangat saya rekomendasikan jika anda sedang berada di Cepu.

  1. Bakso & Mie Ayam Mutiara

    Bakso dan Mie Ayam Mutiara lokasinya di Jalan Sorogo tepatnya di depan Pusdiklat Migas Cepu. Sesuai dengan nama warungnya, menu yang tersedia ada Bakso, Mie Ayam dan Mie Ayam Bakso. Jika ditanya apa menu favorit saya kalau datang kesini pasti jawabnya Mie Ayam Bakso, harganya tidak mahal amat sesuailah dengan isi dompet.

    Mie Ayam Bakso Kuliner Cepu

  2. Ayam Kremes Depot Pak Kumis

    Ayam kremes depot Pak kumis lokasinya di kawasan taman 1000 lampu dekat dari RSUD Cepu. Menunya disini ada banyak seperti warung makan pada umumnya tapi yang sangat populer ayam kremes.

    Ayam goreng yang diselimuti campuran telur dan tepung makanya disebut ayam kremes, tak hanya itu sambalnya juga sangat khas dan ada juga lalapan. Harganya sedikit lebih mahal tapi jika dibandingkan dengan rasanya itu tak ada apa-apanya.

    Pokoknya makan disini dijamin maknyoos dan paling enak ditutup dengan Es Teh.

    Kuliner Cepu Ayam Kremes Pak Kumis
    Pake Ayam Kremes Pak Kumis
  3. Soto Lamongan Cak Bondet

    Satu lagi kuliner cepu yang jadi favorit saya adalah Soto Lamongan cak bondet lokasinya di jalan Stasiun KA dekat dari SMA 1 Cepu. Sesuai dengan namanya disini tersedia Soto Lamongan itu artinya kuliner ini berasal dari Lamongan. Setiap daerah punya penamaan soto sesuai dari daerah asalnya.

    Namun yang berbeda dari soto lamongan adalah semangkok sop sudah dicampur nasi di dalam, isinya ada daging ayam, irisan telor dan bawang goreng.

    Soto Lamongan Cak Bondet
    Soto Lamongan Cak Bondet
Written by
Muhammad Akbar
Join the discussion

4 comments