Ayo Berkunjung ke Makassar

Makassar adalah ibukota provinsi sulawesi selatan dan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan tak kalah pentingnya bahwa makassar adalah pusat ibukota untuk wilayah Indonesia timur walaupun dari segi zona waktu masuk kedalam Waktu Indonesia Tengah (WITA). 
Ngomongin tentang Makassar, pasti diantara kalian memikirkan tentang Tana Toraja dan Pantai Losari. Memang benar semua orang dulunya hanya mengenal makassar dengan dua tempat ini tapi sekarang pemerintah Makassar sedang giatnya mempromosikan potensi wisata dan didukung segala penunjang agar wisatawan lokal dan mancanegara bisa berkunjung ke makassar.
“Makassar menuju kota dunia, ayo ke makassar” ini salah satu tagline pariwisata Makassar. Dengan pembangunan Lapangan Karebosi dan revitalisasi anjungan Pantai Losari, salah satu lembaga international mensejajarkan makassar dengan beberapa kota dunia. 
Jika ngomongin tentang suatu daerah, pasti beberapa diantara anda menanyakan masalah akses transportasinya? Sebelum anda bertanya tentang itu, Makassar sudah menjawabnya dengan adanya Bandara International Sultan Hasanuddin, dimana merupakan bandara terbaik yang ada di Indonesia dengan menyabet penghargaan “best airport dan creative airport” pada bandara award 2012. Jika anda tidak percaya silahkan berkunjung sendiri. Penerbagan domestik dari berbagai kota besar Indonesia dan penerbangan International dari Malaysia, Singapore dan akan menyusul negara lainnya. Bandara ini letaknya di Maros atau 25 km dari kota makassar namun jangan khawatir ada Bus Damri yang setiap 1 jam berankat ke kota makassar dan beberapa taxi yang siap melayani anda dimana jalur dari bandara sudah terintegrasi dengan jalan tol.
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (Detik travel)
Selain akses bandara, makassar juga punya pelabuhan dengan nama Pelabuhan Soekarno Hatta Makasssar. Pelabuhan yang melayani beberapa jasa penyebrangan antar pulau di Indonesia. Saat ini Makassar belum mempunyai Stasiun KA seperti di pulau Jawa dan Sumatera, tapi saya pernah membaca artikel di salah satu koran lokal Makassar bahwa perencanaan pembangunan jalur KA Makassar – Toraja untuk menunjang transpotasi lintas sulawesi.
Beberapa imformasi tentang kota makassar,
City tour dan wisata sejarah Makassar
Anjungan Pantai Losari, City of  Makassar, Mesjid Amirul Mukminin (Mesjid Terapung), Fort Roterdam, Benteng Somba Opu, Monumen Mandala, Makam Pangeran Dipenogoro, Museum Kota Makassar, Gedung Kesenian Sulsel ” Societeit de Harmonie ” dan Trans Studio.
Gugusan Pulau Makassar (Spermonde of Makassar)
Pulau Samalona, Lae-lae, Pulau Lae-lae kecil, Pulau Kayangan, Pulau Kodingareng, Pulau Kodingareng Keke, Pulau Lanjukang, Pulau Cangke, Pulau Langkai, Pulau Lumu-lumu, Pulau Bonetambung, Pulau Barrang Lompo dan  Pulau Barrang Caddi

Kuliner Khas Makassar
Coto Makassar, Pallubasa, Konro, Sop Saudara,  Pallubutung, Pisang Ijo, Pisang epe’ Barongko dan Jalangkote
Transportasi Makassar
Pete-pete Makassar (biru), Pete-pete gowa (merah), Becak, Bentor dan Ojek.
Oleh-oleh Makassar
Minyak gosok, Balsem Tawon, Markisa, Cindera mata phinisi, Songkok tobone, Baruasa dan kue kering lainnya. 
Penginapan Murah Makassar
Wisma Jampea dan Wisma pavorit 
Tulisan ini untuk para kawan-kawan para pecinta jalan-jalan #BackpackerKoprol, #OneDayTripIsland, #CelotehBackpacker dan yang sempat saya kenal selama tinggal di jakarta. Semoga diantara kalian ada yang berkunjung ke makassar. Untuk imformasi lebih lanjut tentang makassar, saya akan infokan lagi di artikel-artikel berikutnya.
Referensi : www.makassarkota.go.id
Written by
Muhammad Akbar