One Day Trip Pulau Seribu, Mengunjungi 3 Pulau Sekaligus

Pantai Pasir Putih Pulau Kelor
Ada pepatah mengatakan “sekali mendayung dua atau tiga pulau terlampaui”. Liburan saya ini ada hubungannya dengan pepatah yang diatas, kira-kira sperti ini “sekali naik perahu 3 pulau terkunjungi”. Liburan mengunjungi 3 pulau kecil yang menyimpan banyak sejarah. Tiga pulau itu bernama Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Onrust, Ketiga pulau ini terletak di gugusan kepulauan seribu. Untuk mengunjungi ketiga pulau dapat dijangkau dengan perahu kayu di Muara Kamal.
Trip ini saya bersama 3 teman petualangan (Edhy,Hajar dan Adhit). Liburan akhir pekan ikut dengan trip gabungan #sahabat jalan or @tukang_jalan. Sebelumnya saya teracuni salah satu blogger yang menuliskan tentang pulau Kelor, Cipir dan Onrust, menuliskan bahwa ada pulau yang sangat terkenal di masa lalu dan menjadi catatan sejarah bagi indonesia. Saya penasaran dan mencari info tripnya. Minggu lalu tepatnya sabtu 04.05.13 saya ikut trip gabungan dengan estimasi Rp.100.000,-/orang. Sebelum nge-trip terlebih dahulu membayar uang pendaftaran untuk 4 orang. Menurut estimasi perkiraan tempuh 1 jam 30 menit (Cempaka Putih – Muara kamal) menggunakan busway kemudian lanjut Carry, inerarynya seperti itu jika selama perjalanan lancar dan tidak macet.
Tepat Jam 6 pagi Cempaka Putih – Rawabuaya (Busway tujuan Kalideres) kemudian lanjut carry hitam menuju Muara kamal dan menuju tempat meeting point. Sebelum tiba, kami sempat kesasar dan masuk di pemukiman warga namun yang menjadi hal unik saya serasa berada di kampung halaman. Ternyata sebagian besar warga yang bermukim di Muara kamal adalah suku Bugis-Makassar. Setalah bertanya, saya pun menemukan tempat meeting point. Sebuah rumah batu berlantai 2 tepat disamping laut, disana sudah banyak peserta yang menunggu.  Trip ini memang trip gabungan, dan menurut tour guide pesertanya ada 30 orang. Wooww.
Bismillah, tepat jam 08.30 kami naik di atas kapal kayu yang bermuat sekitar 15-20 orang. Ombak laut sangat bersahabat ketika kami berangkat. Canda tawa selama perjalanan tak terasa kapal akan bersandar di pulau tujuan  pertama. let’s eksplore..
1. Pulau Kelor

Pulau yang pertama di kunjungi bernama pulau Kelor. Menurut cerita dari lembaran yang dibagikan seelum trip bahwa Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof. Terdapat benteng Martello di tengah pulau walaupun tinggal reruntuhannya. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 2 hektar, makanya disebut pulau kelor karena luasnya yang kecil. Pulau ini juga adalah pulau tak berpenghuni. Aktifitas yang bisa dilakukan disini adalah mengabadikan benteng Martello, bermain air dan sebagian juga datang kesini untuk memancing.

Pulau Kelor dari kapal

 

Benteng Martello
Pasir putih pulau Kelor
Melompat lebih tinggi
2. Pulau Cipir

Pulau kedua yang dikunjungi bernama pulau Cipir. Pulau ini sering disebut pulau Khayangan kemudian berubah menjadi pulau Cipir. Pulau ini dulunya merupakan lahan bekas rumah sakit untuk perawatan dan karantina penyakit  menular bagi jemaah haji pada abad ke-19 atau sekitar tahun 1911. Pulau ini merupakan rumah sakit rawat inap dulunya terbukti dengan adanya gedung tua dan reruntuhan gedung.
Lebih lengkapnya klik disini

Papan nama “Rumah Dokter 1911”

 

Bangunan tua

 

Bangunan Rumah Sakit

 

Jalan penghubung pulau Cipir dan Pulau Onrust

 

Eksis depan pintu masuk
3. Pulau Onrust
Pulau ketiga atau pulau terkahir yang dikujungi  bernama pulau Onrust. Pulau ini memiliki luas sekitar 5 Hektar karena terkikis oleh abrasi pantai. Pulau ini dulunya merupakan asrama haji. orang-orang terdahulu jika ingin ke Mekkah hanya dapat ditempuh dengan jalur laut. Pulau ini menampung calon jemaah haji selama 5 hari untuk menyesuaikan kondisi laut untuk keamanan selama perjalanan. Pulau ini dijadikan pusat arkeologi dan mempunyai Museum. Pulau ini juga merupakan makam para penjajah Belanda.
Lebih lengkapnya klik disini

 

Papan Taman Arkeologi Onrust

 

Barak Karantina Haji 1911

 

Lubang terowongan bawah tanah

 

Pemakaman orang Belanda

 

Ikon Pulau Ounrust
Peserta #One day trip 3 pulau

Liburan yang menyenangkan. Liburan ke pulau
sambil belajar sejarah.

Written by
Muhammad Akbar
Join the discussion