Pengalaman Menginap di Hotel 101 Suryakencana Bogor

Kereta terakhir dari Jakarta membawa saya menuju Bogor. Keramaian Stasiun Bogor yang biasa sering saya lihat ketika menuju Jakarta kini berubah, hanya ada para penumpang yang tersisa hingga Stasiun Bogor selebihnya sudah turun di stasiun sebelumnya. Di luar stasiun para tukang ojek yang biasanya memanggil-manggil dari luar pagar besi kini tidak ada lagi. Benar-benar sepi. Saya berjalan keluar bersama para penumpang lainnya sambil berharap masih ada angkot diluar sana. Sebenaranya saya tidak terlalu khawatir juga, karena kini Bogor tidak lagi dikenal kota hujan tapi juga kota seribu angkot, diman angkot bisa ditemukan selama 24 jam.
Malam itu saya akan menginap di Hotel 101 di Jalan Suryakencana, kawasan pecinan Kota Bogor. Hotelnya sudah dipesankan dari kantor, dimana saya seharusnya sudah check-in jam 2 siang tadi tapi perjalanan berkata lain, Saya baru tiba di Bogor hampir jam 12 malam, Seingat saya ini adalah pengalaman check-in paling lambat. 
Saya menuju bagian resepsionis hotel untuk menanyakan kamar. Tidak lama setelah saya menyodorkan kartu identitas (SIM) kunci kamar berupa kartu kini  sudah ditangan saya dan tanpa berpikir lama saya langsug menuju kamar 201 yang berada di lantai 2 paling ujung.

Fasilitas Kamar Tidur

Kamar saya tipe Deluxe dengan balkon, terdapat pintu penghubung yang ditutup oleh kain gorden putih. Terdapat 2 tempat tidur lengkap dengan bantalnya, ada juga bantal mininya berwarna orange. Kamarnya tidak dilengkapi karpet jadi berasa suasana homy nya. Selain itu terdapat lemari kayu yang menyatu dengan dinding.
Tapi khusus untuk fasilitas balkon ini sepertinya asyik duduk menyeduh the di pagi hari nanti, Tapi ini sudah dini hari, saya masih capek sekali dan pengen rasanya cepat-cepat mandi sebelum merebahkan badan di tempat tidur.

Fasilitas Kamar Mandi
Kamar mandi nya lumayan luas dimana shower dan toiletnya yang dipisah. Nah, berhubung malam hari maka rasanya mandi air hangat bisa mengurangi rasa pegal setelah seharian jalan. Alhamdulillah, air panas dan air dinginya mengalir dengan lancar, saya tinggal mengatur seberapa panas airnya. Harus hati-hati yah, jangan sampai kran air panasnya terbuka penuh kamu bisa jadi matang. #pengalaman

Biasanya kan hotel cuma menyediakan handuk, tapi disinii ada juga kimono, keren banget kan. Sayangnya cuma satu, jadi kalau kamu nginap berdua jadi tinggal gantian. Ada juga multisoap sabun dan shampo. Nah buat perempuan tidak usah khawatir jika ingin keramas, karena sudah ada hairdryer. Untuk sikat gigi dan odolnya dimasukkan dalam bag kecil, unik sih tapi saya jarang banget menggunakan sikat gigi hotel, lebih suka bawa sendiri.

Lobby dan Kolam Renang
Berhubung semalam check-in nya tengah malam, jadi tidak sempat melihat sekeliling hotelnya, namun ternyata lobby hotelnya juga kece, dengan plafon nya yang warna warni. Istagramable banget sih
Hotel 101 Suryakencana Bogor memang paling tepat buat yang liburan dengan keluarganya, bisa bersantai di balkon sambil menikmati suasana pagi kota Bogor sambil menyeduh teh. Tapi sayang saya cuma nginapnya sendiri doang, jadi cuma bisa melihat aja kebersamaan tetangga kamar sambil mikir kapan yah bisa punya keluarga juga. 

Terdapat dua buah kolam renang, ada untuk anak kecil dan orang dewasa. Pinggir kolam dilengkapi dengan kursi santai. Lantainya terbuat dari kayu, ini penting nih agar lantainya tidak licin. Biasanya kan anak kecil kalau liat kolam suka undercontrol jadinya lari-lari gitu. Kalau orang dewasa juga suka undercontrol jika ada cewek seksi yang sedang berenang. Ahh, tidak penting sih.

Restoran
Setelah cukup puas menikmati udara pagi kota Bogor dari balkon kamar, saya menuju restoran untuk sarapan. Restorannya berada di lantai 1, satu lantai dengan lobby hotel. Cukup memperlihatkan kunci kamar, saya pun diperbolehkan masuk ke restoran. Desain restorannya cukup eleghant dengan menempatkan lampu-lampu gantung, pilihan tempat duduknya juga bervariasi. Saya memilih dekat jendela menghadap ke kolam renang, disini pemandangan nya cukup menarik. 

Oiya, kalau sarapan di hotel biasanya menunya tidak banyak pilihan, tapi kalau di Hotel 101 Suryakencana Bogor, kamu bisa memilih sampai kamu puas. Tapi saya lebih memilih bubur ayam ikan teri, roti, chococrunch dan susu. Bogor kan dikenal dengan asinan buahnya, nah disini juga disediakan, cuma saya kurang tertarik dengan asinan di pagi hari. 

Jadi buat yang lagi liburan di Bogor, Menginap di Hotel 101 Suryakencana Bogor merupakan pilihan yang tepat. lokasinya dekat kemana-mana. Tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Botani Square. Selain itu akses transportasi juga mudah, dekat dari Stasiun Bogor dan Terminal Baranangsiang.

Hotel 101 Suryakencana Bogor

Jalan Suryakancana No. 179 – 181
Bogor 16141 – Indonesia
p. 
+62 251 7565 101
f. +62 251 7568 101
e. 
sales.suryakancana@the101hotels.com
Written by
Muhammad Akbar